Monday, April 30, 2012

Tips Memulai Beauty Blog

Hi bloggers! 

Semoga kalian ga bosen dengan tips-tips sok tau dari saya. Tips kali ini tentang memulai beauty blog. Semakin ke sini, saya liat semakin banyak yang mau memulai beauty blog. Apalagi kalau menilai dari jumlah member di komunitas Indonesian Beauty Bloggers yang semakin hari makin bertambah. Artikel ini sebenernya udah lama mau saya selesaikan setelah sekian lama duduk manis di draft blog saya. Kebetulan IBB Jakarta baru aja ngadain gathering dan di acara itu Stella dan Mada ngajak saya untuk sedikit sharing tentang dunia blogging. Setelah itu, saya baru inget kalau saya ada artikel nganggur menunggu untuk diselesaikan. Jadi yah sekalian artikelnya saya kembangin, siapa tau bisa membantu buat temen-temen blogger yang baru mulai blogging.

Hobi makeup tidak sama dengan hobi menulis tentang makeup
Oke, maaf kalau poin pertamanya sudah terdengar harsh begini. Tapi sebaiknya dari awal saya kasih tau batasan antara hobi makeup dan hobi ngeblog tentang makeup. Banyak orang yang hobi dandan dan koleksi makeup. Yang membedakan mereka dengan blogger adalah hobi menulis. Kalau kamu tergiur untuk memulai beauty blog, tanya dulu sama diri sendiri: apa saya suka menulis? Di tahap awal ga perlu pinter nulis dulu karena seiring dengan kita sering nulis, lama-lama akan lihai bermain kata-kata. Tapi dari awal harus ada minat dulu untuk menulis.  Karena yang namanya nge-blog tentunya ga akan jauh-jauh dari hal tulis-menulis.

Pilih-pilih nama blog
Jangan anggap remeh pentingnya memilih nama blog. Ini yang akan jadi identitas kamu, jadi pilihlah baik-baik. Sebaiknya cari nama yang mudah diingat dan dilafalkan. Awalnya, saya sempat terpikir untuk membuat beauty blog dengan menggunakan nama saya. Tapi setelah dipikir-pikir, untuk booking pesawat saja saya sampai njelimet mengeja nama saya, apalagi kalau saya pakai untuk nama blog? Bisa-bisa orang nyasar tiap mau berkunjung. Menggunakan nama yang simpel itu membantu sekali. Dan sebaiknya hindari penulisan gaya alay yang membingungkan dengan mencampuradukan huruf dan angka. Tujuan kita adalah mencari nama blog, bukan bikin password. Bisa juga memilih nama yang berhubungan dengan isi blog, sehingga orang yang mengakses blog kita sedikitnya punya bayangan mengenai isi blog yang dikunjungi.

Jujur aja, untuk poin ini saya angkat jempol buat komunitas IBB. Saya sampai kagum koq bisa mereka kepikir untuk bikin nama blog yang unik dan imut-imut. Saya sendiri bukan orang yang kreatif dan cenderung praktis. Kebetulan hobi saya yang lain adalah dengerin musik dan saya suka musik jazz. Jadi bisa ditebak, nama allthatmakeup diambil dari lagu All That Jazz. That is, in case you're wondering.


I have a blog. Now what?

Saat kamu sudah punya blog, inget-inget bahwa dalam ngeblog ada dua tahap yang mesti dilewatin. Yang pertama, fokus dari dalam dulu yaitu dengan membangun konten blog. Setelah itu, kalau kamu merasa konten blog kamu sudah cukup bermanfaat untuk dikunjungi, barulah mulai sebar 'undangan'. Ga mungkin kan kita fokus ngundang orang dulu, tapi waktu pembaca dateng kita ga punya apa-apa untuk disajikan? Jadi jangan sampe tahapannya kebalik ya.

Membangun konten blog.
  • Cari kekuatan kita yang bisa dijadikan ciri khas
Kalau mau ngomongin tentang 'kosmetik', tentunya topiknya luas sekali. Saran saya, mulailah dari koleksi kita sendiri. Dan seiring dengan berjalannya waktu, kenali kekuatan kita. Menurut saya, pembahasan beauty blog secara garis besar dibagi jadi dua, review dan tutorial/FOTD. Saya sendiri, waktu mau memulai beauty blog sebenernya pengen lebih fokus ke tutorial. Makanya saya sampe punya youtube channel segala. Tapi makin sering nulis, saya sadar bahwa kekuatan saya justru di kemampuan saya mendeskripsikan produk dan bermain kata-kata. Dari situ saya membangun blog saya untuk lebih fokus ke review produk. Dan itu bukan sesuatu yang saya sadari dalam sehari dua hari ngeblog. Wajar koq kalau di tahap-tahap awal kita masih mencari-cari kemana arahnya blog kita. Kalau kita tetep pada konsep awal, itu bagus jadi dari awal kita udah punya target pembaca yang tetap. Tapi kalau di tengah jalan baru ketemu ‘feel’-nya dan akhirnya kita berubah haluan juga ga masalah. Pokoqnya menulislah dengan nyaman.

Dalam komunitas IBB, kita perhatiin beberapa blogger senior yang udah lama ngeblog punya ciri khas masing. Misalnya PutriKansil dan Ichil yang fokus ke tutorial/FOTD. Atau Priscilla dan Ai Ni & Eve yang fokus ke review produk. Bahkan kita bisa memilih topik yang lebih spesifik seperti Mada Foe yang ngeblog khusus untuk review produk kosmetik dengan harga terjangkau. Atau Stephanie yang mereview produk dari sudut ingredientsnya. Nah, luas banget kan? Apalagi dengan menjamurnya beauty bloggers sekarang, punya ciri khas tersendiri itu membantu banget untuk menarik pembaca ke blog kamu!

  • Bahasa apa yang digunakan?
Tujuan dari menulis di blog adalah menyampaikan informasi. Untuk itu penting banget menggunakan bahasa yang kita kuasai. Saya ngerti kalau beberapa bloggers memilih bahasa Inggris untuk ngeblog dengan tujuan meningkatkan traffic. Saya sendiri pun bertujuan begitu, selain untuk melatih bahasa Inggris saya. Tapi jangan anggap remeh kekuatan dari bahasa kita sendiri. Pasarnya Indonesia ini luas koq. Liat aja blognya Hanna. Bahkan Elrica yang udah sampai Singapore pun masih ngeblog dengan bahasa Indonesia. Dan traffic mereka pun tinggi! Jadi jangan takut kekurangan pembaca karena menulis dengan bahasa Indonesia.

Kalau pun kita kekeuh mau menulis dengan bahasa asing, jangan lupa konsekuensinya adalah kita harus mau terus belajar dan meningkatkan kemampuan kita. Apalagi bahasa Inggris yang salah penempatan huruf s aja bisa bikin arti kalimat jadi beda.

Pada akhirnya sih, mau menggunakan bahasa apa itu kembali ke bloggernya masing-masing. Asal kita bisa pastiin kalau pesan yang mau kita sampaikan bisa sampai dengan tepat ke pembaca.

Promosi blog
Setelah kita merasa kita sudah cukup membangun isi blog kita, tentunya kita pengen apa yang udah kita tulis ini dibaca orang dong? Dari sini kita mulai promosiin blog kita. Saat ini udah banyak platform yang bisa kita pakai untuk memperkenalkan blog. Salah satunya kita bisa gabung di Hellocotton atau Bloglovin. Apalagi sekarang era-nya Facebook dan Twitter, kita bisa mempost hasil tulisan kita di kedua soc-med tersebut supaya orang lebih sadar dengan keberadaan blog kita. Kalau kita ikut forum kecantikan, secara pasarnya pas banget, kita bisa sertakan URL blog kita di signature, seperti yang saya lakukan di forum Femaledaily. Bisa juga dengan meninggalkan komen di blog lain. Intinya bergaul lah seluas mungkin dan tinggalkan alamat blog kita.

Walaupun ada banyak cara yang bisa kita pakai untuk memperkenalkan blog kita, tapi disini saya amat sangat sarankan untuk jangan pernah menghina hasil karya tulisan kita sendiri dengan berkunjung ke blog orang lain untuk “follow for follow”. Selain bisa menyinggung si empunya blog, kita pun terkesan desperate. Percaya sama hasil tulisan kita sendiri dan percaya sama diri kita sendiri. Kalau memang blog kita bagus dan berkualitas, otomatis orang pasti dateng dan ngikutin blog kita. Lagipula, follower yang tercantum di blog itu ga menjamin kualitas suatu blog. Blog yang bagus memang punya banyak follower. Tapi blog yang punya banyak follower belum tentu bagus.  

Selain itu follower yang datang tanpa diminta-minta itu bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana jangkauan blog kita. Tapi untuk hasil yang lebih tepat, saya sarankan untuk menambahkan fasilitas blog counter supaya kita bisa menilai jumlah dan pasar pembaca blog kita. Kebetulan fasilitas ini sudah disediakan oleh blogger.com. Sedangkan saya sendiri, untuk menambah informasi seputar traffic blog saya, menggunakan Statcounter.

Konsistensi
Nah, ini dia bagian yang saya sendiri masih harus tingkatkan. Sebisa mungkin jangan sampe blog kita ditelantarkan dalam jangka waktu panjang, tanpa postingan (ngomong sama diri sendiri). Ya memang yang namanya blog tetep aja dianggap hobi sampingan (setidaknya buat saya) dan saya ga mau sibuk ngeblog sampai kesibukan utama saya terlantar. Yang mahasiswa tetep mesti utamain kuliah. Yang karyawan tetep aja mesti utamain kerja. Tapi sebisa mungkin blog tetep di-update. Atau segera update blog setelah kita menghilang utuk periode waktu tertentu.


Karena bikin postingan (yang niat) untuk beauty blog itu rempong, biasanya proses ambil foto produk, editing dan tulis menulis saya cicil. Misalnya, supaya praktis, begitu beli barang biasanya langsung saya foto walaupun saya sendiri ga tau kapan saya akan posting. Yang penting saya sudah punya foto barangnya dalam keadaan masih mulus. Selanjutnya saya tinggal edit saat ada waktu luang dan sediakan waktu untuk menulis artikel.


Sekian tips dari saya. Maaf ya kalau tips dari saya makin lama makin panjang. Buat saya ngeblog itu adalah suatu proses dan saya belajar dari pengalaman (dan kesalahan) saya selama blogging. Kalau kalian punya saran dan kritik yang relevan buat blog saya, dengan senang hati lho saya terima.

14 comments:

Fifi said...

These are all good tips!
I really believe that the most important thing is the content of the blog. This is why I've said before (at my interview with Hanna) that the best leverage you have as a blogger is YOURSELF and YOUR OWN THOUGHTS. Nothing else. Because there can be 1000 Revlon Lip Butters reviews out there but there is only ONE you. I believe that to be a good blogger you should say what you really want to say, and not just surrender to popular opinions. If you have something fresh to bring to the table, something that can inspire and spark people's imaginations, people will go back and visit your page even if you don't have fancy layouts or a lot of followers. I mean, look at Google! It's the simplest page in the internet yet it is also the most popular, right? ;) Helpful, inspiring, and unique contents like the one you wrote here are what makes blogging worthwhile.

Ephong said...

Selalu suka sama tulisan marcelle, berbobot!

Aku pada awalnya bikin blog karna pengen melatih diriku sendiri buat belajar dan membiasakan diri "menulis" untuk beberapa alasan, soalnya sebenernya aku ga terlalu suka nulis.. :p

Dan buruknya lagi, aku orangnya suka ga konsisten dan pemalas.. Thats why blog suka terbengkalai ga diurus sampai berbulan2.. >.<

Yosefien said...

Nice tips :) Thank you ^^

M said...

Fifi: Thank you for the insight! There weren't many bloggers when I first started blogging and I learned a lot from you.

Ephong: Makasih ephong. Hehe.. gapapa kalo belom konsisten. Aku pun sempet ngalamin masa-masa itu. Ngeblog lah kalo punya waktu tapi jangan sampe karena ngeblog kerjaan utama kita sampe terbengkalai ;)

Unknown said...

Waah cocok banget buat aku >.<

Kalo km lagi iseng mampir ke blog-blog member IBB kayaknya bagus juga ci km tinggalin komen tentang blognya, kaya apa yang kurang dan apa yang udah cukup bagus soalnya aku sendiri sangat butuh kritik biar aku tau apa ya yg harus diperbaiki :D

sekararum said...

Marcelle, ini tips yang sangat berguna. Apalagi untuk beauty blogger pemula seperti aku ^^.
Hmm..kalau soal bahasa, aku lebih memilih untuk menggunakan bahasa Indonesia karena aku banyak mereview produk-produk lokal, jadi menurutku, kebanyakan pembaca adalah pembaca lokal.
Terima kasih untuk tipsnya. :)

Miyuna Mana Media said...

Thanks tipnya ya marcell ^^

Monica Agustami said...

hahaha,jd inget dulu jaman pertama kali jd blogger,nampangin traffic baru ad 50 pembaca :p

klo sempat,mampir ke blog-ku ya ^^
butuh saran dan kritik..

M said...

makasih teman-teman. selalu seneng kalo artikelnya berguna :)
kayanya aku belom berencana memeberikan saran dan kritik personally ke blogger lain. kan ga enak. ntar aku jadi public enemy lagi.. hehehe +_+

mendingan semua postingan aku kumpulin di blogku aja ya. silakan dibaca supaya jadi refleksi buat temen2 semua. biar parktis, link-nya udah aku cantumin semua di sidebar.

nulis2 tips gini juga bukan berarti blogku udah perfect koq. cuman belajar dari pengalaman aja dan sampe sekarang pun masih belajar.

happy blogging!

NiaNastiti said...

Baru hari ini nih baca blog Mba Marcelle, keren dan berbobot yah tulisannya.. Tips pertama justru paling nancep buat saya Mba, sy ga terlalu sering make up, tapi saya suka nge-review produk. Meski blog saya isi tentang beauty nya masih dikit,jd semangat dan banyak belajar dr post ini, Thx so much :D

My Lovely Sister said...

wah keren ya isinya> mantap^^

Anonymous said...

keren tipsnya, ga kepikiran buat jadiin signature di femaledaily.
thank yoou so musch ^^

Mazi said...

tips yang baik
__________
idol lash

Unknown said...

Aku memang bukan baru ngeblog... Secara universal..
Tapi bikin beauty blog baru... dan post ini bener2 keren! Informatif banget!

Thanks banget nget nget nget... ini bantu aku buat semangat ngeblog terus! yay!

Thank you buat tipsnya!